
BUAT DRESS PINK
Budaya pesta calon mempelai rasanya udah menjadi hal yg lumrah diadakan buat kandidat pengantin yang hendak menikah, terutama yang tinggal di ibukota. Melihat foto-foto bridal shower di facebook, instagram, twitter, dll khususnya para celeb yg wah beserta cute, saya pun sesudahnya berpikir “Ahhhh saya pun pengen mengadakan bridal shower!” Namun utk siapa? Setelah penulis berpikir seperti itu, tiba-tiba penulis dihubungi sahabat saya yg berencana merid bulanan depan bersama dia pun mengajak ketemuan. Saya pun terbesit bakal mengadakan bridal shower kecil-kecilan utk sahabat penulis bersama 1 orang teman. Karena masa mepet (hanya 3 hari!) beserta besaran peserta cuman 3 orang total sudah terhitung bakal pengantin, kami pun memutuskan bakal mengerjakan semuanya sendiri, dengan kata lain DIY (Do-It-Yourself).
BUAT DRESS PINK
Menurut berita yg saya baca, definisi Bridal Shower adalah:
- Resepsi lajang yg diadakan oleh teman-teman dekat bersama saudara calon pengantin wanita
- Penyelenggara acara ini umumnya para bridesmaid yang ditunjuk
- Tamu yg hadir waktu bridal shower ialah tamu yang diundang ke pesta pernikahan
- Umumnya juga menjadi kejutan pesta yg direncanakan diam-diam tanpa pakai sepengetahuan kandidat pengantin
- Diadakan 4-6 minggu sebelum tanggal wedding (untuk menghindarkan kesibukan calon pengantin yang semakin menumpuk menjelang 24 hour H)
Kalau menurut tradisi barat, pesta calon mempelai juga berubah ajang calon brides membuka kado yang diberikan oleh para teman-teman dan saudara. Tetapi di Indonesia, kita baru mengasihkan ang pao/hadiah di 24 hour H pernikahan, jadi penulis tidak mengadaptasi budaya yang satu ini pada pesta bujang cewe yg penulis adakan. Berikut tutorial mengadakan pesta calon mempelai DIY dari experiance saya:
BUAT DRESS PINK
Cari Referensi bersama Tentukan Tema Warna
Buat yang belum familiar dgn bridal shower, lakukan analisis sebanyak mungkin bakal menyaksikan semacam apa dekorasinya, apa saja yg dibutuhkan, dll. Cari referensi sebanyak-banyaknya dengan searching via Google Images maupun Pinterest. Setelah ada bayangan, tentukan sketsa warna yg hendak digunakan. Tidak ada patokan warna yg paten untuk bridal shower, tetapi umumnya memakekan warna-warna yg cerah. Berhubung teman saya kegemaran corak hijau, ide bridal shower yang penulis terapkan yaitu “Fifty Shades of Green” dengan bermacam ragam variasi gradasi corak hijau dengan base warna putih.
BUAT DRESS PINK
Tentukan Berapa Byk Hiasan yang Dipentingkan & Biaya yg Tersedia
Total ornamen menentukan bujet yg akan dikeluarkan. Peralatan dekorasi yang kepingin dipake pun fleksibel serta mampu disesuaikan dgn keinginan dan kemampuan. Misalnya, saya mau balon warna hijau dengan putih tapi enggak punya pompa balon, jadi penulis putuskan tak wajib pakai balon maupun ornamen yang bersifat digantung di plafon karna memasangnya sulit.Ini list peralatan yg saya gunakan:
- Taplak meja putih
- Pigura
- Stationary set (placemat, table name card, tusukan kue mangkok beserta welcome sign utk pigura)
- Cupcake
- Pom pom paper flower
- Artifical flower + vas botol
- Bendera/banner “bride to be”
- Veil + selempang
BUAT DRESS PINK
Cari Ruang yang Serasi & Bagi ReservasiBila sudah ada gambaran berhubungan dekorasi, ekspres cari restoran/cafe yg mau digunakan sbg venue dengan buru-buru hubungi via telepon. Tempat juga bisa menjadi masalah untuk hiasan bersama budgetmu sebab tidak seluruh ruang mengizinkan meja/temboknya didekor & sebagian ruang juga mengenakan charge. Jadi, pastikan lbh dulu ada/tidaknya charge ekstra bersama boleh/tidaknya mendekorasi restoran/cafe yg mau pembaca kunjungi. Kebetulan pegawainya pun ramah-ramah bersama enggak keberatan diminta mengambil foto meskipun suasana cafe sedang ramai wkt itu.
Bila restoran/cafe yg hendak kamu pakai selamanya ramai saat weekend, ekstra positive reservasi lebih dulu H-1 via telepon agar mampu dpt spot & total meja kursi yg sesuai.
BUAT DRESS PINK

Utk To-Do-List beserta Update Progress
Bila riasan & ruang sudah di-booking, buru-buru buat tugas untuk memutuskan siapa yg bertugas membuat/dekorasi peralatan, order kue, belanja peralatan, hingga yang datang duluan untuk mendekorasi tempat. Makin Lama byk ornamen yg kepingin dipakai, makin lama byk pula wkt yg akan dibutuhkan. Ekstra positive cicil masing-masing day serta tdk boleh nggak ingat kabari teman-temanmu udah hingga mana perkembangannya.
Senantiasa ingatkan teman-temanmu apa yg sudah & apa yg blm karna pace kerja seluruh orang belum tentu sama. Jika dirasa sulit, komunikasikan bersama cari solusinya bersama. Membuat props utk bridal shower menyenangkan kok, asalkan boss sabar, telaten serta rapi mengerjakannya
BUAT DRESS PINK
Keep in Touch dgn Bakal Pengantin
Meluangkan wkt sebelum pernikahan juga sebenarnya ialah perihal yang repot bakal bakal pengantin. Jadi ungkapkan keinginanmu bila kamu dan teman-teman lainnya benar-benar kepingin bertemu dengan berkumpul sebelum melepas saat lajang. Dia pasti bakal memaklumi maksud baikmu.
BUAT DRESS PINK
Sediakan Mini Permainan Masalah Pembicaraan
Jika trauma kegiatan garing atau kehabisan pembicaraan, bapak/ibu juga bisa menyelidik referensi fun permainan yg dapat dimainkan bersama. Bila perhelatan direncanakan berlangsung lama, sediakan juga topik-topik yang mau didiskusikan, sebagaimana kesiapan bakal mempelai cewek dlm mempersiapkan pernikahan. Tidak jarang, bakal pengantin berada di puncak stress tertingginya jadi anda juga dapat membuka bagian curhat agar calon mempelai merasa lega ada yg mendengarkan.
BUAT DRESS PINK
Double-Check Perlengkapan Sebelum Berangkat
Krn masa yang saya memiliki sangat terbatas, saya nggak sempat mengecek apakah huruf yang saya print buat membuat banner udah lengkap sebelum berangkat. Ternyata, sesampainya di sana penulis baru sadar ada 1 helai yg belum di-print. Akhirnya banner yang sewajarnya bertuliskan “Bride-To-Be” cuman sanggup menjelma “Bride” saja Belom lagi pom pom paper flower yg belom dikembangkan & nyatanya memerlukan wkt yg sekadar lama sebab kami baru kesatu kali menggunakan paper flower semacam ini. Jadi, selalu double-check ya girls!
BUAT DRESS PINK
Have Fun dengan Take Photos!
Setibanya di tempat kegiatan berlangsung, tata seluruh peralatan di atas meja/dinding, siapkan surprise sebaik mungkin & have fun! Jika bro/sis mengerjakan semuanya dari hati, pasti otput kerja keras kita mau muncul dengan menyentuh hati bakal mempelai