
DRESS BIRU
Budaya pesta calon mempelai rasanya udah berubah urusan yg lumrah diadakan utk bakal brides yang mau menikah, terutama yang tinggal di ibukota. Melihat foto-foto pesta calon pengantin di social media khususnya para celebritis yang wah & cute, saya pun lalu berpikir “Ahhhh penulis pun hendak mengadakan bridal shower!” Namun untuk siapa? Setelah penulis berpikir semacam itu, tiba-tiba saya dihubungi teman saya yang berencana menikah bln depan & dia pun mengajak ketemuan. Penulis pun terbesit bakal mengadakan pesta calon pengantin kecil-kecilan buat sahabat penulis bersama 1 orang teman. Sebab masa mepet (hanya 3 hari!) serta besaran peserta semata-mata 3 orang total udah tersisip bakal pengantin, kami pun memutuskan untuk mengerjakan semuanya sendiri, alias DIY (Do-It-Yourself).
DRESS BIRU
Menurut data yang saya baca, definisi Bridal Shower adalah:
- Perhelatan belom berpasangan yang diadakan oleh teman-teman dekat dengan saudara calon pengantin wanita
- Penyelenggara acara ini biasanya para bridesmaid yang ditunjuk
- Tamu yg hadir waktu bridal shower yaitu tamu yang diundang ke perayaan pernikahan
- Kebanyakan juga berubah kejutan acara yang direncanakan diam-diam nggak pake sepengetahuan kandidat pengantin
- Diadakan 4-6 minggu sebelum tanggal wedding (untuk menjauhi kesibukan calon brides yg makin lama menumpuk menjelang 24 jam H)
Bila menurut tradisi barat, bridal shower juga menjadi ajang bakal mempelai membuka kado yg dilayangkan oleh para teman-teman dengan saudara. Namun di Indonesia, kita baru memberikan ang pao/hadiah di day H pernikahan, jadi penulis nggak mengadaptasi budaya yg 1 ini pd pesta bujang cewe yang penulis adakan. Berikut teknik mengadakan bridal shower DIY dari experiance saya:
DRESS BIRU
Cari Rekomendasi serta Tentukan Draf Warna
Bagi yang belum familiar dengan bridal shower, lakukan pengkajian sebanyak mungkin bakal melihat semacam apa dekorasinya, apa saja yang dibutuhkan, dll. Cari rekomendasi sebanyak-banyaknya dgn searching via Google Images maupun Pinterest. Setelah ada bayangan, tentukan rancangan corak yang akan digunakan. Nggak ada patokan warna yg paten buat bridal shower, tapi umumnya menerapkan warna-warna yg cerah. Berhubung teman penulis doyan corak hijau, tema pesta calon mempelai yg penulis gunakan adalah “Fifty Shades of Green” dengan berbagai ragam macam gradasi warna hijau dgn base warna putih.
DRESS BIRU
Tentukan Berapa Byk Riasan yg Diwajibkan bersama Bujet yg Tersedia
Besaran riasan memastikan uang yg hendak dikeluarkan. Peralatan dekor yg mau dipakai pun fleksibel dengan sanggup disesuaikan dengan keperluan dan kemampuan. Misalnya, saya kepingin balon corak hijau bersama putih tetapi tak memiliki pompa balon, jadi saya putuskan tak usah pakai balon maupun penghias yg bersifat digantung di plafon karena memasangnya sulit.Ini list peralatan yg penulis gunakan:
- Taplak meja putih
- Pigura
- Stationary set (placemat, table name card, tusukan kue mangkok serta welcome sign bakal pigura)
- Cupcake
- Pom pom paper flower
- Artifical flower + vas botol
- Bendera/banner “bride to be”
- Veil + selempang
DRESS BIRU
Cari Tempat yang Sesuai serta Bakal ReservasiKalo udah ada gambaran berkaitan dekorasi, ekspres cari restoran/cafe yang hendak digunakan sebagai venue dengan buru-buru hubungi via telepon. Wadah juga dapat berubah kasus buat hiasan dan budgetmu krn tidak seluruh wadah mengizinkan meja/temboknya didekor bersama tdk semua tempat juga mengenakan charge. Jadi, pastikan lebih dulu ada/tidaknya charge pelengkap & boleh/tidaknya mendekorasi restoran/cafe yg akan kamu kunjungi. Kebetulan pegawainya pun ramah-ramah & tidak keberatan diminta mengambil photo walaupun suasana cafe sedang ramai masa itu.
Kalau restoran/cafe yang hendak bapak/ibu memakai senantiasa ramai masa weekend, lebih positif reservasi extra dulu H-1 via telepon supaya bisa dpt spot & besaran meja kursi yang sesuai.
DRESS BIRU

Buat To-Do-List serta Update Progress
Bila dekor dengan wadah sudah di-booking, selekasnya bakal tugas buat menentukan siapa yg bertugas membuat/dekorasi peralatan, order kue, belanja peralatan, sampai yg datang duluan untuk mendekorasi tempat. Lama Kelamaan byk dekor yg ingin dipakai, makin lama byk pula masa yang mau dibutuhkan. Lbh positif cicil tiap day & jangan tdk ingat kabari teman-temanmu sudah sampai mana perkembangannya.
Senantiasa ingatkan teman-temanmu apa yang sudah serta apa yg belom karna pace kerja semua orang blm tentu sama. Jika dirasa sulit, komunikasikan beserta cari solusinya bersama. Menciptakan props untuk pesta bujang cewe menyenangkan kok, asalkan kamu sabar, telaten bersama tidak berantakan mengerjakannya
DRESS BIRU
Keep in Touch dgn Calon Pengantin
Meluangkan waktu sebelum perkawinan juga sesungguhnya ialah keadaan yang sukar buat calon pengantin. Jadi ungkapkan keinginanmu bila pembaca bersama teman-teman lainnya kenyataannya pengen bertemu beserta berkumpul sebelum melepas saat lajang. Dia pasti akan mengetahui maksud baikmu.
DRESS BIRU
Siapkan Mini Permainan Keadaan Pembicaraan
Bila takut acara garing dgn kata lain kehabisan pembicaraan, anda juga dapat memilih referensi fun games yang dpt dimainkan bersama. Bila perhelatan direncanakan berlangsung lama, sediakan juga topik-topik yang akan didiskusikan, serupa kesiapan calon brides wanita dalam mempersiapkan pernikahan. Tidak jarang, kandidat brides berada di puncak stress tertingginya jadi bro/sis juga mampu membuka sesi curhat agar calon mempelai merasa lega ada yang mendengarkan.
DRESS BIRU
Double-Check Perlengkapan Sebelum Berangkat
Karna masa yang saya memiliki sangat terbatas, saya tak sempat mengecek apakah huruf yang saya print buat membuat banner sudah lengkap sebelum berangkat. Ternyata, sesampainya di sana penulis baru sadar ada 1 helai yang belum di-print. Akhirnya banner yang semestinya bertuliskan “Bride-To-Be” cuma dapat menjadi “Bride” saja Belum lagi kertas pom pom flower yang blm dikembangkan dan ternyata membutuhkan masa yang cuma lama krn kami baru kesatu kali menggunakan paper flower seperti ini. Jadi, senantiasa double-check ya girls!
DRESS BIRU
Bersenang-Senang serta Take Photos!
Setibanya di tempat kegiatan berlangsung, tata seluruh peralatan di atas meja/dinding, sediakan kejutan sebaik mungkin dan have fun! Jika agan mengerjakan semuanya dari hati, pasti hasil akhir kerja keras kita hendak tampak bersama menyentuh hati kandidat pengantin
