
DRESS DUYUNG
Budaya bridal shower rasanya udah menjelma masalah yang lumrah diadakan utk calon brides yg bakal menikah, terutama yang tinggal di ibukota. Melihat foto-foto pesta calon pengantin di instagram, facebook, twitter, dll khususnya para artis yg wah serta cute, penulis pun lantas berpikir “Ahhhh saya pun pengen mengadakan bridal shower!” Tapi untuk siapa? Setelah saya berpikir seperti itu, tiba-tiba saya dihubungi teman saya yang berencana menikah 30 hari depan & dia pun mengajak ketemuan. Penulis pun terbesit bakal mengadakan pesta calon pengantin kecil-kecilan bagi sahabat penulis bersama 1 orang teman. Sebab waktu mepet (hanya 3 hari!) dengan nominal peserta semata-mata 3 orang total sudah terhitung bakal pengantin, kami pun memutuskan buat melakukan semuanya sendiri, alias DIY (Do-It-Yourself).
DRESS DUYUNG
Menurut kabar yg penulis baca, definisi Pesta Calon Mempelai adalah:
- Perjamuan jomblo yg diadakan oleh teman-teman dekat & saudara bakal pengantin wanita
- Penyelenggara perayaan ini kebanyakan para bridesmaid yg ditunjuk
- Tamu yg hadir wkt pesta bujang cewe yakni tamu yang diundang ke perayaan pernikahan
- Umumnya juga berubah surprise acara yang direncanakan diam-diam nggak pake sepengetahuan bakal pengantin
- Diadakan 4-6 minggu sebelum tanggal wedding (untuk menyelamatkan kesibukan bakal brides yang semakin menumpuk menjelang 24 jam H)
Kalo menurut tradisi barat, bridal shower juga menjelma ajang bakal mempelai membuka kado yg diberikan oleh para teman-teman serta saudara. Namun di Indonesia, kita baru menyampaikan ang pao/hadiah di 24 hour H pernikahan, jadi saya tak mengadaptasi budaya yang satu ini pd bridal shower yang saya adakan. Berikut proses mengadakan bridal shower DIY dari pengalaman saya:
DRESS DUYUNG
Cari Referensi & Tentukan Sketsa Warna
Bakal yang belum familiar dgn bridal shower, lakukan telaah sebanyak mungkin buat menyaksikan seperti apa dekorasinya, apa saja yg dibutuhkan, dll. Cari rekomendasi sebanyak-banyaknya dgn searching via Google Images maupun Pinterest. Setelah ada bayangan, tentukan draf corak yang akan digunakan. Enggak ada patokan warna yang paten bakal bridal shower, tapi umumnya memakekan warna-warna yg cerah. Berhubung teman saya kesukaan warna hijau, rancangan pesta calon mempelai yang saya pakekan merupakan “Fifty Shades of Green” dengan berbagai ragam macam gradasi corak hijau dgn base corak putih.
DRESS DUYUNG
Tentukan Berapa Banyak Penghias yg Dipentingkan bersama Dana yg Tersedia
Besaran penghias menentukan budget yang mau dikeluarkan. Peralatan ornamen yg pengen dipake pun fleksibel & bisa disesuaikan dengan keinginan & kemampuan. Misalnya, saya hendak balon warna hijau bersama putih tapi tidak mempunyai pompa balon, jadi saya putuskan tidak kudu pake balon ataupun riasan yang bersifat digantung di plafon krn memasangnya sulit.Ini list peralatan yang saya gunakan:
- Taplak meja putih
- Pigura
- Stationary set (placemat, table name card, tusukan kue mangkok & welcome sign untuk pigura)
- Cupcake
- Pom pom paper flower
- Artifical flower + vas botol
- Bendera/banner “bride to be”
- Veil + selempang
DRESS DUYUNG
Cari Tempat yg Pantas & Buat ReservasiKalo sudah ada gambaran berkenaan dekorasi, ekspres cari restoran/cafe yang mau digunakan sbg venue serta buru-buru hubungi via telepon. Tempat juga sanggup berubah hal utk dekor dan budgetmu sebab nggak semua wadah mengizinkan meja/temboknya didekor beserta nggak semua ruang juga mengenakan charge. Jadi, pastikan lbh dulu ada/tidaknya charge komplemen bersama boleh/tidaknya mendekorasi restoran/cafe yg akan anda kunjungi. Kebetulan pegawainya pun ramah-ramah bersama tidak keberatan diminta mengambil gambar foto walaupun suasana cafe sedang ramai waktu itu.
Kalo restoran/cafe yang akan pembaca pakai senantiasa ramai waktu weekend, lebih bagus reservasi lebih dulu H-1 via telepon supaya bisa dapat spot dengan nominal meja kursi yang sesuai.
DRESS DUYUNG

Bagi To-Do-List dan Update Progress
Kalo ornamen beserta wadah udah di-booking, selekasnya buat tugas bakal memutuskan siapa yang bertugas membuat/dekorasi peralatan, order kue, memesan peralatan, hingga yg datang duluan utk mendekorasi tempat. Makin Lama banyak penghias yg pengen dipakai, lama kelamaan banyak pula masa yang mau dibutuhkan. Lebih positif cicil setiap hari & tdk boleh lupa kabari teman-temanmu sudah hingga mana perkembangannya.
Terus-Menerus ingatkan teman-temanmu apa yang udah bersama apa yg blm sebab pace kerja semua orang blm puguh sama. Jika dirasa sulit, komunikasikan bersama cari solusinya bersama. Menciptakan props utk pesta calon mempelai menyenangkan kok, asalkan kamu sabar, telaten & tidak berantakan mengerjakannya
DRESS DUYUNG
Keep in Touch dengan Calon Pengantin
Meluangkan masa sebelum wedding juga sebetulnya ialah kasus yg runyam bagi bakal pengantin. Jadi ungkapkan keinginanmu jika kamu serta teman-teman lainnya benar-benar pengen bertemu serta berkumpul sebelum melepas masa lajang. Dia pasti hendak menyadari maksud baikmu.
DRESS DUYUNG
Siapkan Mini Games Keadaan Pembicaraan
Bila takut kegiatan garing dgn kata lain kehabisan pembicaraan, kamu juga sanggup memeriksa rekomendasi fun permainan yg dpt dimainkan bersama. K'Lo acara direncanakan berlangsung lama, sediakan juga topik-topik yg mau didiskusikan, sebagaimana kesiapan kandidat brides wanita dlm mempersiapkan pernikahan. Enggak jarang, kandidat mempelai berada di puncak stress tertingginya jadi pembaca juga mampu membuka putaran curhat agar bakal brides merasa lega ada yang mendengarkan.
DRESS DUYUNG
Double-Check Perlengkapan Sebelum Berangkat
Krn wkt yg saya mempunyai amat terbatas, penulis tidak sempat mengecek apakah huruf yg saya print untuk menghasilkan banner udah lengkap sebelum berangkat. Ternyata, sesampainya di sana penulis baru ingat ada 1 helai yg belum di-print. Akhirnya banner yg seharusnya bertuliskan “Bride-To-Be” semata-mata bisa menjelma “Bride” saja Belum lagi kertas pom pom flower yang belum dikembangkan dan nyatanya memerlukan waktu yang cuman lama karena kami baru kesatu kali memakekan paper flower serupa ini. Jadi, terus-menerus double-check ya girls!
DRESS DUYUNG
Have Fun dengan Take Photos!
Setibanya di tempat hajatan berlangsung, tata seluruh peralatan di atas meja/dinding, siapkan kejutan sebaik mungkin serta have fun! Jika jurangan mengerjakan semuanya dari hati, pasti hasil akhir kerja keras kita hendak tampak & menyentuh hati calon brides
