
DRESS PAYET
Budaya pesta bujang cewe rasanya udah berubah problem yg lumrah diadakan bagi bakal mempelai yg bakal menikah, terutama yg tinggal di ibukota. Menonton foto-foto bridal shower di media sosial khususnya para celebritis yg wah & cute, saya pun selanjutnya berpikir “Ahhhh saya pun pengen mengadakan bridal shower!” Tetapi bagi siapa? Setelah saya berpikir semacam itu, tiba-tiba saya dihubungi teman penulis yang berencana menikah bulanan depan & dia pun mengajak ketemuan. Saya pun terbesit buat mengadakan pesta calon pengantin kecil-kecilan bagi sahabat penulis bersama 1 orang teman. Karna waktu mepet (hanya 3 hari!) & total partisipan cuman 3 orang total udah tercantum calon pengantin, kami pun memutuskan bagi menjalankan semuanya sendiri, dengan kata lain DIY (Do-It-Yourself).
DRESS PAYET
Menurut informasi yg saya baca, definisi Pesta Bujang Cewe adalah:
- Pesta belum ada pasangan yang diadakan oleh teman-teman dekat & saudara kandidat pengantin wanita
- Penyelenggara acara ini lazimnya para bridesmaid yg ditunjuk
- Tamu yang hadir saat bridal shower yakni tamu yang diundang ke resepsi pernikahan
- Kebanyakan juga menjelma surprise acara yg direncanakan diam-diam tanpa pakai sepengetahuan kandidat pengantin
- Diadakan 4-6 minggu sebelum tanggal perkawinan (untuk melepaskan kesibukan bakal brides yang makin lama menumpuk menjelang 24 hour H)
Kalau menurut tradisi barat, pesta bujang cewe juga menjelma ajang calon pengantin membuka kado yang dilayangkan oleh para teman-teman dengan saudara. Namun di Indonesia, kita baru memberikan ang pao/hadiah di day H pernikahan, jadi saya tak mengadaptasi budaya yang satu ini pd pesta bujang cewe yang penulis adakan. Berikut program mengadakan bridal shower DIY dari pengalaman saya:
DRESS PAYET
Cari Rekomendasi serta Tentukan Rencana Warna
Buat yang blm familiar dengan bridal shower, lakukan riset sebanyak mungkin untuk memandang sebagaimana apa dekorasinya, apa saja yang dibutuhkan, dll. Cari referensi sebanyak-banyaknya dgn searching via Google Images maupun Pinterest. Setelah ada bayangan, tentukan ide warna yg hendak digunakan. Nggak ada patokan corak yang paten untuk bridal shower, tapi umumnya menggunakan warna-warna yg cerah. Berhubung sahabat saya suka corak hijau, konsepsi pesta calon mempelai yang penulis pakekan yaitu “Fifty Shades of Green” dgn berbagai macam rupa gradasi corak hijau dengan base warna putih.
DRESS PAYET
Tentukan Berapa Byk Riasan yg Dibutuhkan bersama Biaya yang Tersedia
Besaran penghias memutuskan bujet yg hendak dikeluarkan. Peralatan dekorasi yang mau dipegunakan pun fleksibel dengan dapat disesuaikan dgn kebutuhan serta kemampuan. Misalnya, saya ingin balon warna hijau bersama putih namun enggak mempunyai pompa balon, jadi saya putuskan tidak perlu memakai balon maupun riasan yang bersifat digantung di plafon karena memasangnya sulit.Ini list peralatan yang penulis gunakan:
- Taplak meja putih
- Pigura
- Stationary set (placemat, table name card, tusukan cupcake dengan welcome sign bagi pigura)
- Cupcake
- Pom pom paper flower
- Artifical flower + vas botol
- Bendera/banner “bride to be”
- Veil + selempang
DRESS PAYET
Cari Wadah yang Sesuai dan Untuk ReservasiK'Lo sudah ada gambaran tentang dekorasi, segera cari restoran/cafe yang bakal digunakan sbg venue beserta selekasnya hubungi via telepon. Tempat juga sanggup menjelma masalah untuk riasan dan budgetmu sebab tidak semua wadah mengizinkan meja/temboknya didekor beserta sebagian tempat juga mengenakan charge. Jadi, pastikan extra dulu ada/tidaknya charge pelengkap & boleh/tidaknya mendekorasi restoran/cafe yang mau jurangan kunjungi. Kebetulan pegawainya pun ramah-ramah dengan tidak keberatan diminta mengambil photo sungguhpun suasana cafe sedang ramai wkt itu.
Jika restoran/cafe yg hendak agan pake selamanya ramai masa weekend, extra positif reservasi lbh dulu H-1 via telepon supaya mampu bisa spot dan jumlah meja tempat duduk yg sesuai.
DRESS PAYET

Utk To-Do-List serta Update Progress
Kalau hiasan dengan ruang udah di-booking, segera untuk tugas utk menentukan siapa yg bertugas membuat/dekorasi peralatan, memesan kue, pesan peralatan, sampai yg datang duluan buat mendekorasi tempat. Lama Kelamaan byk riasan yg ingin dipakai, semakin banyak pula masa yang akan dibutuhkan. Extra positive cicil tiap day serta tidak boleh tdk ingat kabari teman-temanmu sudah sampai mana perkembangannya.
Senantiasa ingatkan teman-temanmu apa yg udah dengan apa yg blm karena pace kerja seluruh orang belum puguh sama. Jika dirasa sulit, komunikasikan & cari solusinya bersama. Menciptakan props utk pesta calon pengantin menyenangkan kok, asalkan agan sabar, telaten beserta rapi mengerjakannya
DRESS PAYET
Keep in Touch dgn Calon Pengantin
Meluangkan wkt sebelum wedding juga sesungguhnya yaitu hal yang runyam utk kandidat pengantin. Jadi ungkapkan keinginanmu bila agan dengan teman-teman lainnya benar-benar kepingin bertemu dan berkumpul sebelum melepas wkt lajang. Dia pasti akan menyadari maksud baikmu.
DRESS PAYET
Persiapkan Mini Permainan Kasus Pembicaraan
Bila trauma acara garing dengan kata lain kehabisan pembicaraan, pembaca juga sanggup memilih rekomendasi fun games yg mampu dimainkan bersama. Kalau hajatan direncanakan berlangsung lama, siapkan juga topik-topik yg mau didiskusikan, semacam kesiapan bakal brides cewek dalam mempersiapkan pernikahan. Tak jarang, bakal brides berada di puncak stress tertingginya jadi boss juga dpt membuka babak curhat agar calon pengantin merasa lega ada yang mendengarkan.
DRESS PAYET
Double-Check Perlengkapan Sebelum Berangkat
Karena waktu yang saya mempunyai sangat terbatas, saya tak sempat mengecek apakah huruf yang saya print utk menciptakan banner sudah lengkap sebelum berangkat. Ternyata, sesampainya di sana saya baru sadar ada 1 helai yang belom di-print. Akhirnya banner yg semestinya bertuliskan “Bride-To-Be” cuma bisa berubah “Bride” saja Belum lagi kertas pom pom flower yg belum dikembangkan dan ternyata membutuhkan wkt yg hanya lama sebab kami baru pertama kali menerapkan paper flower seperti ini. Jadi, selamanya double-check ya girls!
DRESS PAYET
Bersenang-Senang serta Take Photos!
Setibanya di ruang acara berlangsung, tata seluruh peralatan di atas meja/dinding, sediakan surprise sebaik mungkin serta have fun! Jika boss mengerjakan semuanya dari hati, pasti otput kerja keras kita hendak kelihatan dan menyentuh hati bakal brides
